Pages

Tuesday, December 16, 2014

toddler meals on the go

Catatan: Post ini udah ngendep di draft lebih dari 2 bulan, hahahaha.. Kebiasaan deh nunda-nunda publish demi 'kesempurnaan'. Ah apalah arti sempurna? Sempurna itu makanannya Aina: 4 Sehat 5 Sempurna -__-'


Jadi sesungguhnya, toddlerhood udah dimulai belum sih? Aina sekarang 16 bulan 18bulan, tapi kelakuan udah kayak anak 2 tahun. Tantrum-nya udah kayak bocah-bocah terrible-twos. Yasudah, ga usah dipikin sakleknya. Aina memang one step ahead #mamaksokbangga. 

Trus ada apa dengan toddlerhood? Sebenernya sih ini mau bikin tulisan tentang makanan Aina, karena selama ini #ainasmeal cuma mejeng di IG, sementara dokumentasi kisah dibaliknya ya terbatas kolom komen IG aja hehe. Dulu waktu masih dibawah setahun, makanan Aina memang dibuat khusus karena bocahnya belum makan table food (baca: makan-makanan bergula, bergaram, apalagi bermecin!), jadi gue kudu nyiapin terpisah. Ubek-ubek resep, ngintipin akunnya ibu-ibu di IG yang rajin bin canggih masaknya, dan sering juga eksperimen sendiri. 

Naah, sekarang Aina udah bebas makan (dari umur 11bulan sih udah icip gula garem dikit, hehehe), tapi gue masih ngotot Aina musti bebas MSG buatan sebisa mungkin, gula tinggi, sodium tinggi, dan pewarna/pengawet. Yah, intinya sih tetep sebisa mungkin makan masakan sendiri, dan sangat pilih-pilih kalo terpaksa 'jajan'. Kalo masaknya buat makan di rumah sih santai yaa.. masalahnya kalo buat pergi-pergi, sesungguhnya ribetnya pangkat 160! Apalagi Aina anaknya cukup picky kayak bapaknya , bosenan, dan rajin GTM, jadi kudu puter otak, sama nambah-nambahin stok sabar. Alhamdulillah, Aina doyan sayur dan buah, jadi urusan 'ngumpet-ngumpetin sayur' ga pernah gue lakuin. Justru yang ada malah 'ngumpet-ngumpetin karbo dan protein' karena anaknya cenderung ogah melahap karbo dan protein, hahahaha.

Untuk bekal jalan-jalan, kuncinya: praktis, wholesome alias bergizi, dan beragam. Praktis okelah, kalo pergi emang musti bawa yang praktis karena hidup udah ribet, hahaha. Kalo wholesome, yaah.. bisa lah mencakup 4 komponen penting: karbo, protein, vitamin, serat. Tapi kalo beragam? PR banget? Iyaaa! Apalagi karena, balik ke masalah makan Aina, doi picky, bosenan dan langganan GTM, jadi gue sering bikinin dia macem-macem, makanannya beda-beda, demi supaya dia mau makan. Trus udah jumpalitan masak ini itu, taunya anaknya GTM, gimana? yah.. biasalah.. #mamanangisdipojokan sebentar, lalu jejelin anaknya dengan snack yang dia suka. Sa'karepmu lah!

Nih, gue punya beberapa skenario jalan-jalan:

Skenario 1: running errands (ke atm, ke supermarket, ke bank)

Maksimal 1jam, deket dari rumah, di luar jam makan siang/malam

Perbekalan: 
  • 1 porsi minum susu, 
  • 1-2 jenis snack yang tinggal ambil dari lemari: biskuit/cereal/kismis/roti
  • Air putih
  • Feeding tools: 1 botol susu bersih, baby wipes, straw cup

Skenario 2: jalan-jalan ke mol 

Bisa berjam-jam, seringkali pada saat waktu makan siang/malam, tapi sebenernya banyak source buat makanan Aina (bisa jajan hehe)

Perbekalan: 
  • 2-3 porsi minum susu, 
  • 2-3 jenis snack yang tinggal ambil dari lemari: biskuit/cereal/kismis/roti/muffin/puding
  • Air putih
  • Sayur - sayur kukus yang gampang dimakan/digenggam, biasanya 2-3jenis beda warna: wortel/labu/jagung/timun/ubi
  • Entree buat sekali makan - yang praktis dan kalau bisa mencakup karbo dan protein, misalnya: nugget+kentang/bola-bola ikan dory/fish n chips/schotel/shepherd's pie/grilled cheese sandwich/telor rebus. Kalo perlu tambah nasi, ya bawa nasi putih terpisah. Atau, karena nasi gampang dicari bisa beli di resto manapun dan kayaknya ga ada kan nasi yang dipakein MSG/pewarna/pengawet? 
  • Buah - bisa buah potong (mangga, apel, pepaya, pir) atau buah praktis yang tinggal angkut kayak pisang dan kiwi.
  • Feeding tools: botol susu bersih, sendok garpu (biasanya bawa 2-3 pcs), straw cup, baby wipes.

Skenario 3: ke rumah nenek/sodara

Bisa berjam-jam, seringkali pada saat waktu makan siang/malam. belum tentu sedia makanan yang baby-friendly (either masakannya pedes-pedes, atau kebetulan lagi ga masak)

Perbekalan:
  • 3-4 porsi minum susu, 
  • 3-4 jenis snack yang tinggal ambil dari lemari: biskuit/cereal/kismis/roti/muffin/puding
  • Air putih
  • Sayur - kurang lebih sama dengan skenario 2
  • Entree buat 2 kali makan - kurang lebih sama dengan skenario 2.
  • Buah - kurang lebih sama dengan skenario 2 
  • Feeding tools: botol susu bersih, sendok garpu (biasanya bawa 2-3 pcs), straw cup, baby wipes, plusss.. bawa sabun cuci piring (baby friendly) sendiri, karena di rumah jadi bisa numpang cuci-cuci. 

Ini bekal buat ke rumah sodara waktu halalbihalal. Nasgor abon salmon, omelet sayur, baked pasta, labu kukus. Cuma labu yang disentuh ;'(

Bekal ke Ragunan, riweuh ya? Hahaha. Banana Bread Pudding-nya Nummy, Dory Meatballs, Shepherd's Pie, wortel labu kukus dan mangga potong. Waktu itu ini HABIS dalam 2x sesi makan! :D


Jadi Aina ga pernah jajan? YA PERNAH DONG! hahahahahaha. Apalagi kalo di mol yang jajanannya kurang lebih (insha Allah) bisa dipertanggungjawabkan. Menu andalannya Aina ya french fries, nugget, roti, pastry, pasta pokoknya yang juga praktis dan rasanya ga aneh-aneh. Kalo perlu asupan buah tapi lagi ga bisa bawa buah dari rumah, ya pesen buah potong atau buah yang ada di salad bar atau pesen jus tanpa gula.

Tiba-tiba diajakin Ompung dan Yai-nya ke PIM. Makan Wendy's ya pesen nugget sama kentang. Ini nugget pabrik pertamanya Aina, biasanya selalu makan nugget buatan mama


Terus kesukaan Aina tuh apa aja sih?

Kalo susu, sudah pasti cuma Ultra Mimi Plain, bukan yang ada rasa dan pemanisnya. 

Buat cemil-cemil alias snacking, ini nih kesukaan Aina:

  • Heinz Organic Biscotti atau Apple Biscotti 
  • Empro Baby Choice rasa Original
  • Kismis, sebenernya sih kismis jenis apapun dia doyan, tapi lebih sering beli Sun Maid
  • Nissin Lemonia (ini emaknya juga sering ikutan makan, hehe)
  • Honey Stars
  • Corn Flakes
  • Homemade baby dessert from Nummy - yang mana? semuanyaaa, kecuali choco mud karena doi alergi cokelat. Sebagai kelinci percobannya mama, ga akan di-launch lah produk2nya Nummy kalo ga lulus uji coba Aina, hehe.

Meskipun Aina udah boleh makan gula garem, tapi bukan berarti sih gue ngasih cemilan sembarangan buat Aina, let's say seperti ch*k*, gorengan abang-abang, krupuk-krupukan yang ga jelas asal-usulnya, kacang sukro, hahahaha.. yah pokoknya yang kayak gitu2 mah nggak dooong. Aina juga ternyata alergi cokelat dan kacang, jadi 2 benda itu ga ada di list cemilan maupun makanan utamanya Aina. Alergi kacang sih sebenernya baru ketauan untuk kacang almond, tapi gue langsung meng-generalisir ajalah, dari pada Aina kenapa-kenapa, lebih baik ga makan kacang-kacangan dulu sampe usianya lebih besar dan pencernaannya lebih tolerable. Minuman kemasan dengan kadar gula yang selangit itu pun belum gue kenalin, akan ditunda selama mungkin supaya nggak kayak emaknya yang doyan teh kotak hehe. 

Laluuu, kalo perginya musti pagi-pagi buta, trus si anak gendhuk sarapannya piyeee? Meski sarapan seharusnya bisa pake menu yang simpel, tapi emang musti well-prepared dari seminggu semalem sebelumnya sih biar pagi sebelum berangkat nggak gedabrukan di dapur sambil ngomel-ngomel pake tanduk dan taring karena panik. Biasanya breakfast to go nya Aina:

  • Sandwich yang filling-nya bisa keju, selai, atau madu. Supaya ga heboh, dari semalem udah dioles, trus masukin kulkas. Sebelum berangkat, pan-toast sebentar trus masukin kotaknya deh. Beres.
  • Cereal tanpa susu. Iya lah, ngasih makan anak bayi pake cereal yang dibanjiri susu di mobil sama dengan bunuh diri! Jadi mendingan makan cerealnya dicemilin gitu kayak makan ch*k* trus abis itu minum susu terpisah deh. Sama aja toooh?
  • Muffin, yang udah dibuat dari kapan tau. Ini handy banget. Setelah mateng dan adem, muffin disimpen di wadah kedap, trus masukin freezer. Tahan sampe sebulan. Kalo mau makan, malemnya turunin dari freezer ke kulkas biasa, trus sebelum berangkat, angetin di kukusan/microwave 2menit aja. Masuk ke kotak makan, beres.
  • Telor rebus (ini bisa juga buat salah satu menu makan siang/malam). Telor udah direbus dari semalem, simpen di kulkas. Sebelum berangkat, ambil trus masukin ke tas deh. Kupas kulit telurnya sebelum makan aja. 
  • Instant oatmeal. Tinggal seduh air panas, kasih susu dikit, tuang madu 1sdt, tabur kismis. Bawa deh. Ga terlalu messy kok, karena konsistensinya agak kental dan padat, jd ga gampang berceceran kayak cereal plus susu. 
  • Buah grab and go, alias tinggal ambil ga pake kupas-kupas, ga pake potong-potong, yaitu pisang dan kiwi. 
Yah sekian kisah meal-to-go nya Aina. Sejauh ini Aina udah pernah sarapan/makan siang/makan malam di jalan. Udah pernah keluar rumah dari jam 6 pagi dan sampe rumah lagi baru jam 9 malem alias melewati 3 waktu makan di luar rumah. Jadi, tips-tips di atas cukup fool-proof lah, terutama untuk ibuk-ibuk koboy macam gue, hehehe. Hal terpenting adalah preparation. Jadi, kalo lagi senggang, siapin aja tuh lunch bag si bocah dengan snack kering macam kismis dan biskuit. Kapanpun harus pergi bersama bocah, paling nggak udah ada snack yang siap di lunch bag-nya. Minimal, migren emak-nya ikutan ketunda laaah karena udah well-prepared sebelumnya. 

Selamat jalan-jalan bersama si kecil!


No comments:

Post a Comment