Pages

Tuesday, December 23, 2014

Batch cooking!

Mbak/nanny nya Aina mudik.

Mama panik? Ya doong, ahahahahaha. Dari dua minggu sebelumnya, disela2 tumpukan kerjaan, udah sibuk berkutat mikirin makanan Aina selama ditinggal si mbak. Kenapa makanan Aina yg jadi beban pikiran? Ya karena si mbak ini tugas utamanya masak, selama ini Aina makan menu yg sama dg orang2 rumah. Yah kadang sesekali ada kalanya menunya kurang toddler friendly, tapi karena ada bala bantuan, gampang aja kalo mau rikues menu khusus bocah. Gue juga masih suka nyetok nugget, cereal, kaldu, pasta, keju, dll yg gampang diolah buat bikin menu sederhana yg toddler friendly. 

Masalahnyaaa, kalo si mbak pulang, kemudahan2 itu akan GONE WITH HER! Apalagi kalo si bocah maunya nggelendooot aja kayak koala. Bikin eike susah gerak, boro2 mau ngelarin kerjaan, bikin telor dadar aja pasti diiringi tangisan penuh drama dan emosi mama akan dengan mudah meletus bagai balon hijau, DOR!

Alhamdulillah hari gini nyari inspirasi gancil amaaat, plus banyak banget ibu2 berdedikasi yg punya segudang resep dan tips seputar makanan anak2. Referensi gue sih kebanyakan dari luar, Kenapa? Soalnya mereka lebih ringkes, ahahaha. Iya looh, mereka kan ga punya ART ya alias semua2nya dikerjain sendiri. Tapi urusan nutrisi si kecil masih jd prioritas. Jadi mereka kreatif bikin menu yg selain simpel, tapi juga freezer-friendly alias bisa disetookkk! Trus mereka kan sangat aware ya sama food safety, jadi banyak tuh info-info tentang sayur apa yg boleh dibekukan, berapa lama shelf life nya, dll. Tapi ada juga kok menu yang rasa lokal, yang dicontek dari buku 99 resep mpasi cihuynya mamakukokihandal

Lalu ada semilir angin nyinyir.. "ih, nyetok makanan di freezer berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan sampe berbulan-bulan, gizinya kan rusak?" atau.. "ibunya males amat masakin yg fresh buat anaknya".
Biarlah mereka menggonggong, ntar disumpel homemade nugget juga diem, ahahahaha.

Buat gue, itu makanan tetep aja makanan rumahan, yg dibikin sendiri, bahan2nya tau sendiri, ngolahnya di rumah sendiri. Urusan nutrisi yg berkurang karena dibekukan, ya udah pastilah. Tapi emang ente tau berapa gram protein yg hilang dari frozen meatballs? Emang trus langsung bikin anak kurang gizi, gitu? Dari pada ini anak dikasih makanan dari dapur orang alias makanan beli jadi, daripada ini anak dikasih makanan pabrikan, mendingan gue bikin frozen meals yg either ready to eat alias tinggal angetin trus santap, atau yg quick cooking alias cuma perlu aduk2, tambah 1-2bahan trus mateng deh. No MSG, absolutely no preservatives, no weird mysterious additives!

Lagian gue juga punya kerjaan kali selain masakin anak makanan sehari-hari: pagi siang malem plus cemilan. Gue pun pengen bisa nyempetin ngetik 1-2 artikel atau translate 10-15 halaman selama si kecil bobo siang. Anyway, kewarasan ibu pun harus jadi prioritas kaaaann?

Anywaaay, ini nih frozen meals nya Aina yg udah kelarrr dibikin selama seminggu terakhir sebelum si mbak mudik. Mostly inspired by weelicious, annabel karmel, momables dan Mamakukokihandal. God bless your talent and kindness to share , mamas.





Itu ada Chicken & Apple Balls, Broccoli & Cheese Patties, Tex Mex Rice Cakes, Fish Meatballs (original: Chicken Meatballs), Chicken Teriyaki Meatballs, Steak Tempe, Chicken Stock. Ada yang kelupaan difoto: Fish Sticks dan Chicken Nuggets plus beberapa sayuran beku seperti brokoli, celery sticks dan jagung. Rata-rata sih resepnya cuma dipake setengah resep, soalnya gue lebih mentingin variasi dan kualitas. Jadi satu menu cuma bisa untuk 3-4x makan aja. Itu pun gue curiga Aina akan cepet bosen, hehehehe. 

Makanan beku ini juga ga setiap hari selalu jadi pilihan menunya Aina lho. Gue juga pasti nyiapin untuk masak dadakan, tapi prinsipnya harus gampang dan praktis. Gue juga pake sistem meal planner, jadi di menu Aina untuk seminggu udah disusun Untuk cerita tentang quick cooking dan meal planner ini, mudah-mudahan bisa segera di-publish di postingan berikutnya juga.

Ask for recipes? Langsung klik link-nya aja yaaa.

Happy batch cooking!

No comments:

Post a Comment